DOKUMEN RENSTRA
DESA TANJUNGAN, KABUPATEN MOJOKERTO
2011-2016

Lokakarya perencanaan strategis desa Tanjungan terselenggara atas kerjasama Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Islam Mojokerto (UNIM), Pusdakota-UBAYA (Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan) dan segenap masyarakat desa Tanjungan. Lokakarya ini tindak lanjut program pengembangan masyarakat dan harapan komunitas untuk menemukan strategi pengembangan potensi desa secara berkelanjutan. Pelaksanaan lokakarya Renstra dilakukan pada tanggal 22-24 Juli 2011 di Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Kota Surabaya.

Lokakarya penyusunan rencana strategis diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari: perwakilan perangkat desa, tokoh masyarakat, BPD, kelompok pemuda, PKK, Budayawan, kader desa dan akademisi.

DokumenRenstra01Desain Lokakarya

Proses penyusunan renstra terbagi menjadi beberapa tahap.

1). Tahap pertama: partisipan merumuskan tata nilai dan visi misi.

Visi misi memuat harapan ke depan bagi desa yang akan diwujudkan, visi tersebut dirangkum dari seluruh kepedulian partisipan yang mewakili harapan masyarakat dan didasarkan pada spirit atau norma yang diyakini masyarakat sebagai cara yang benar dalam menentukan tindakan bekerja atau berhubungan dengan masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat selalu tersadarkan oleh gambaran-gambaran menantang, tetapi tetap dalam optimisme, kesatuan arah komitmen berpedoman pada partisipasi dan kesinambungan dalam menjalankan serta memimpin organisasi;

2). Tahap kedua: pelaksanaan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan desa dengan menggunakan metode SWOT ANALISYS.

Metode ini dilakukan untuk menjembatani masyarakat agar menemukan strategi cerdas dalam mengelola seluruh kekayaan dan kearifan komunitas (kondisi internal) juga memanfaatkan seluruh sumberdaya eksternal untuk menjawab persoalan, memperbaiki, meningkatkan, dan memperluas gerakan pemberdayaan masyarakat desa;

3). Tahap ketiga: penyusunan rencana aksi yang mendukung mencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran.

Pada tahap ini seluruh ide komunitas semakin konkrit dan terukur, baik secara kuantitas dan kualitas. Rencana aksi memuat tindakan-tindakan spesifik komunitas, waktu, indikator-indikator kunci, sumberdaya yang dibutuhkan dan mitra yang diharapkan mampu bekerjasama.

Rencana strategis desa Tanjungan tahun 2011-2016 memuat Visi desa yaitu “MENUJU TANJUNGAN PERSADA” akronim dari Menuju Tanjungan Permai Sejahtera Damai dan Aman, dengan empat (4) misi serta empat (4) isu strategis yang diformulasikan dari peta diri desa untuk mencapai duapuluh empat indikator tujuan dan enam indikator sasaran. Seluruh indikator tujuan dan sasaran hendak dijalankan melalui tiga program komunitas guna pengelolaan lingkungan, lima program di bidang sosial, dua program pengembangan ekonomi masyarsakat dan satu program inisiasi kebijakan desa (penyusunan peraturan desa).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *